Make it simple, as simple as life should be :)

Nyamuk Nyamuk Pergilah :)


Sebenernya gw lagi gedeg bin dongkol ama nyamuk 2 hari yg lalu, makanya gw bikin nih post. Simple kok postnya, jadi monggo dibaca. Daripada tiap hari nyamuk menjadi pendamping setia lu di kamar.😛. Jadi ceritanya begini, 2 hari yg lalu beralihlah gw menggunakan baygon semprot buat ngebunuh nyamuknya. Setelah sekian lama gw pake hit kertas ajaib itu looh, Cuma 2000. Karena lagi euphoria akan obat nyamuk baru😀. Gw semprot seluruh sisi rumah buat memberantas tuh nyamuk2 nakal. Ternyata malah mereka makin menjadi ganas malamnya. DAN INI SANGAT BIKIN GW BETE. Ok, itu membuat gw terbangun jam 2. Dan kembali semprot sana semprot sini. Ya walaupun tidur dengan racun nyamuk yg banyak, paling ngk gw ga bakal digigit nyamuk ampe sahur.hhe. Hal yg aneh berlanjut keesokan malemnya, setelah semua gw semprot. Gw liat nyamuknya emang pada ga ada di daerah yg gw semprot, tapi kok malah nge-gerayang di badan gw. Asem nih nyamuk.  Nah atas dasar pengalaman dan ingin berbagi, saya coba cari-cari di google tips untuk mengusir nyamuk yang gak pake ribet kek judul diatas, barangkali bermanfaat untuk sobat semua😀

Yang pertama, cara termudah dan yg paling cocok kalo menurut gw buat anak2 kost :
– Tuang sedikit air pada sebuah piring makan berwarna putih, lalu tambahkan beberapa tetes sabun cair untuk mencuci piring dengan wangi lemon.

– Aduk perlahan (tidak perlu sampai berbuih). Letakkan di tempat yang Anda inginkan.

Entah apa penyebabnya, nyamuk akan tertarik dan berkumpul di piring tersebut serta akan mati setelah meminum AIR.

Kalo lu masih bilang ribet, wassalam . tapi patut dicoba juga😀

Nah yg ini secara biologi nih, buat anak2 jurusan biologi atau ttg tumbuhan. Ini mungkin gampang mereka dapetin.hha.
Siapkan  Tanaman pengusir nyamuk seperti dibawah ini :

  • Zodia. Tanaman yang berasal dari Papua ini memiliki daun pipih panjang berwarna hijau kekuningan. Zat evodiamine dan rutaecarpine yang terkandung tanaman ini tidak disukai nyamuk. Aroma wangi ini akan tercium saat tertiup angin.
  • Lavender. Bunga tanaman ini berwarna ungu. Bunga lavender ini sudah dikenal dan umum dipakai dalam pembuatan lotion pengusir nyamuk. Cara menggunakan bunga ini agar kulit kita tidak digigit nyamuk adalah dengan menggosok-gosokan bunganya pada kulit kita.
  • Geranium. Geranium mengandung geraniol dan sitronelol yang menyebabkan nyamuk tidak mau mendekat. Cara memanfaatkan tanaman ini adalah dengan ditempatkan di tempat yang terkena tiupan angin, karena aroma geranium akan tercium bila daunnya saling bergesekan.
  • Serai. Tanaman yang termasuk bangsa rumput-rumputan ini tidak disukai nyamuk karena adanya zat geraniol dan sitronelal. Ekstrak serai juga telah dimanfaatkan dalam pembuatan lotion pengusir nyamuk dengan aromanya yang khas.
  • Rosemary. Daunnya berbentuk jarum dan memiliki bunga ungu kecil. Dimanfaatkan untuk mengusir nyamuk dengan menggosok-gosokan daunnya ke kulit. Aroma yang dihasilkan mirip seperti aroma minyak kayu putih. Aroma ini dapat mengacaukan penciuman dan nyamuk.

Sebenernya kebiasaan buruk yg ngebikin nyamuk betah di tempat kita. Seperti :

  • Jangan biasakan menggantung terlalu banyak pakaian dan menumpuk barang-barang di kamar. Nyamuk senang bersembunyi di tumpukan barang dan kain yang bergelantungan.
  • Pasang kassa nyamuk di jendela rumah anda dan apabila anda suka membuka pintu, pasanglah pintu tambahan berupa pintu teralis yang dapat dipasang kassa nyamuk. Dengan cara ini sirkulasi udara di rumah anda tetap lancar dan nyamuk pun tidak bisa masuk.
  • Kalau belum memasang kassa nyamuk, tutuplah pintu dan jendela pada sore hari menjelang malam (kira-kira jam 17-19) dan jangan buka pintu dan jendela di pagi hari sebelum sinar matahari bersinar (sekitar jam 4-5), karena biasanya pada jam-jam ini nyamuk mulai beraksi untuk masuk ke dalam rumah.

Belum berhasil? barangkali tips berikut bekerja lebih efektif

Siapkan segelas air. Masukkan beberapa butir kapur barus. Lalu letakkan di salah sudut ruangan. Nah, nyamuk pun tak kan berani mendekat😀. Kayanya sejenis emang ama cara yg pertama tadi.

Itu sejumlah cara bagaimana ngatasin nyamuk tanpa pake baygon atau sejenisnya. Tapi itu tergantung kalian sendiri.hhe.
Kalo emang belum ada yg berhasil, sabarlah kawan. Mungkin dirilu lah yg bersalah dan harus minum obat nyamuk biar anti nyamuk😀.

Semoga artikel ini bermanfaat. MAKASIH😀

Aldrian Rahman🙂

NB: dapet info lagi, kipas ternyata bikin nyamuk pergi. Tapi lu kena masuk angin, so itu pilihanmu.hhe. Dan kalo ini bermanfaat, harap dishare ya ke temen2mu.🙂

Leave a Reply please, for a better blogging. :)

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Tag Cloud

%d bloggers like this: