Make it simple, as simple as life should be :)

Posts tagged ‘menu buka puasa’

Bubur Kacang Ijo Buatan Sendiri :D

Hari ini ane mau ngepost ttg bubur kacang ijo. Akhirnya gw bisa ngebikin bubur kacang ijo sendiri. :D. Kalo kata ade2 gw, tuh bubur enak. Dan gw ngerasa enak kok. Jadi yg mau komplain akan tuh rasa bubur, sorry2 aja jak, bubur itu enak :D.

Jadi ceritanya begini, disaat sore yg menjemukkan. Sembari menunggu adikku tercinta, caca, mengerjakan prnya. Dia bercerita kalo ada tugas yg ngeliatin perkembangan kecambah itu loh. Tau kan? yg dari kacang ijo itu. Otak pun mulai berpikir, daripada beli kacang ijo banyak tapi cuma dipake 1 buat kecambah. Gw pake aja buat bubur kacang ijo. Maknyos coy :D.

Setelah niat terkumpul, gw beranjak nelpon emak gw. Menanyakan resep bubur kacang ijo yg simpel bin ajaib tapi enak.hhe. Tersebutlah resep bubur kacang ijo ini. Gw sebutin aja ya.

  1. Kacang Hijau 250 gram
  2. Gula merah 4 batang
  3. Gula pasir 2 sendok sayur
  4. Santan KARA
  5. Sehelai daun pandan

Itu tuh bahan dan bumbunya. Nah cara pengerjaanya begini nih.
(more…)

Buka puasa dengan blewah? Menyegarkan..

Kali ini gw akan membahas tentang menu berbuka puasa yg pas dan menyehatkan, ES BLEWAH. Kenapa gw bikin hal ini? karena kemaren gw baru menyadari bahwa ngebuat es blewah itu susah(atau mungkin saking gw ga bisa apa2 ya). Hal yg tersulit ada bagian ngerok blewah tersebut kawan. Itu cape. :D. Tapi memang no pain no gain. Hasil yg didapat sangat mampu memuaskan akan dahaga itu.

Bulan puasa kali ini sangat bertepatan dengan musim kemarau yg menyebabkan siang sangat panas. Jadi memang sekali lagi minuman ini sangat cocok.hha

Jika secara ke-ilmu-annya, Blewah (Cucumis melo), Buah ini mempunyai banyak kandungan yang menyehatkan antara lain energi, karbohidrat, vitamin C, dan vitamin A. Bahkan vitamin A-nya lebih banyak daripada semangka. Selain itu, blewah banyak mengandung monosakarida atau glukosa jenis fruktosa. Tidak berbeda dengan mentimun suri, kandungan yang paling dominan adalah air sehingga cocok digunakan untuk mengganti cairan tubuh. Istilahnya bisa dipakai sebagai isotonik alami. Kandungan seratnya yang tinggi mampu membantu metabolisme tubuh. Buah ini juga kaya akan vitamin dan mineral yang mampu untuk membantu meredakan panas dalam. Kandungan vitamin A,C dan E-nya bermanfaat untuk menjaga kesehatan kulit dari radikal bebas. Manfaat lain dari blewah yang menyehatkan adalah membantu mengendalikan hipertensi, hiperkolesterol, diabetes mellitus dan meningkatkan fungsi ginjal serta limpa. Ini gw dapet dari web kalo ttg sumbernya.

Dan gw baru ngerti kenapa kemaren pas ngerok tuh buah, banyak banget airnya. Yg jelas bukan dari iler gw :D.

Sekarang kita masuk ke bagian resep deh, kasian yg udah pada ngiler.hha

Bahan:
250 gram buah blewah matang, belah dua, kerok halus bagian dagingnya
1 buah kelapa muda, kerok kasar bagian dagingnya
800 ml air matang
6 sirup merah (campolay)
es batu

Cara membuat:

  1. Siapkan gelas. Masukkan blewah dan kelapa muda. Tambahkan air matang serta sirup. Beri es batu.
  2. Hidangkan segera

Kenapa ada tambahan yg lain2? Hidup itu ada variasinya kawan.(alasan). Bukan karna itu, tapi emang menjadi suatu kebiasaan blewah dicampur dengan yg lainnya. Tentang campurannya itu, bisa lu ramu se-enak mungkin.hhe.

Tentunya tulisan ini tidak dibuat dengan bermaksud pamer, mau ngebuat batal ataupun apapun yg jelek2. Yg pasti ini untuk hal yg berguna aja. :).

mungkin banyak yg ga suka blewah, tapi menurut saya ini patut dicoba. Terima kasih 🙂

Aldrian Pradana 🙂

Nb: Jika menurut anda ini bermanfaat, monggo dishare.hhe. kalo menurut anda ngeselin, monggo dikomplain tapi dicoba dulu es blewahnya 😀

Oh iya resep diatas diambil dari sini resepbunda makasih ya 🙂

Klapertart so yummy

Oke, gw tau ini lagi puasa. Tapi ga ada salahnya gw ngepost tentang hal2 yang berbau makanan yaa. Buat yang ngk suka mohon dimaafkan, ini kan lagi puasa. Masa marah2 :D.hhe.

Toh dengan gw nge-post ttg hal ini, mungkin kalian akan ada ide baru buat menu berbuka nanti.hhe. Jadi harap disimak baik-baik ya kawan.

Gw sajiin gambarnya dulu.hhe

Ini adalah klapertart buatan emak gw. Rasanya maknyus, beda dibanding ama yg ditoko2. Mungkin kalian bakal ngira gw bilang gitu karena yg buat emak gw. Tapi ga kok, emang rasanya enak.hhe.

Kalo kata ade gw yg paling kecil, mama ngebuatnya dengan sungguh2 kak, pake cinta, makanya enak.hhe.

Thumb up buat emak gw.hhe

Trus berlanjut ke ukuran, ukurannya lumayan besar. Jadi rada bebas buat ngambilnya. Udah dari awal gw masuk kuliah, udah mesen nih kue tapi emak suka ga sempet bikin. makanya ini adalah mukzizat(lebay) sehingga gw bisa makan ini.hha.

Karena salah satu tujuan nih post biar lu pada belajar masak, jadi gw sertakan resep deh. biar kalian coba.hhe

Bahan 1 :

250 ml Susu Kental Manis

250 ml Air

sesuai kebutuhan garam

sesuai kebutuhanVanili

50 gr Gula Pasir

Bahan 2 (campur hingga larut) :

20 gr Maizena

100 ml Air

Bahan 3 :

3 buah kelapa muda, ambil daging nya

100 gr Kismis, direndam

100 gr Kenari tanpa kulit

Bahan 4 (hiasan) :

Kayu Manis bubuk untuk taburan Secukupnya

Cara Membuat :

1.        Campur bahan 1 didalam panci. Aduk rata kemudian panaskan hingga mendidih.

2.        Masukkan bahan 2. Aduk hingga kental dan mengkilat. Angkat.

3.        Campur dengan bahan 3, aduk rata dan masukan dalam mangkuk kecil hingga penuh.

4.        Tabur atasnya dengan bubuk kayu manis.

5.        Panggang dalam oven bersuhu 150oC selama + 15 menit.

6.        Angkat dan dinginkan dalam lemari es.

7.        Sajikan.

Resep ini gw ambil dari internet. kalo ga salah linknya rajaresep.com . Gw kasih linknya biar gw ga disangka plagiat.hhe

Kenapa ga resep emak gw yg ditaro, karena gw ga tau bahan2nya. ya anggap aja semua resep klapertart itu sama, tinggal emak gw kalo ga salah ada yg dia edit makanya rasanya beda dari yg lain dan juga laku.hhe.

Kalo ada yg anggap ini pamer, maaf saudara, saya cuma mau kasih tau ttg klapertart. ga ada maksud lain yg bertujuan menyinggung saudara. Ingat ini bulan puasa, jaga lisan dan hati ya :). wassalam.

Aldrian Pradana 🙂

Tag Cloud

%d bloggers like this: