Make it simple, as simple as life should be :)

Posts tagged ‘puasa’

Pentingnya Niat Puasa

Assalamualaikum wr, wb (maap yak kalo disingkat) ๐Ÿ˜›

Hari ini, berhubung lg bener2 ga ada kerjaan, mau ngasih tau sesuatu (ilmu kalo kata orang) dalam menjalani puasa ramadhan ini. bagus loh buat dibaca ke orang-orang yg suka ga bangun sahur (contohnya saya ini) semoga berkah.hhe

Ada orang berkata, Apalah arti sebuah ibadah jika tidak didasari niat. Perlu ditegaskan bahwa niat dan keinginan dan yakin itu mempunyai arti yg berbeda-beda.

Niat adalah maksud atau keinginan kuat di dalam hati untuk melakukan sesuatu. Dalam terminologi syar’i berarti adalah keinginan melakukan ketaatan kepada Allah dengan melaksanakan perbuatan atau meninggalkannya.

Perbuatan atau hal yg disebut niat itu terdiri dari 3 aspek yaitu :

1. Diyakini dalam hati

2. Diucapkan dengan lisan

3. Diyakini dengan perbuatan

Berhubung ketiga hal tersebut adalah aspek yg membentuk kata niat, ketiganya itu perlu di lakukan. Mari ditelaah 1 per 1.

Sebagai manusia, kita harus yakin sebagai dasar melakukan sesuatu. Jika tidak yakin, jangan lah melakukannya. Karena hal itu termasuk gambling. keyakinan ada karena kita tau hal tersebut, ketidakyakinan hadir karena kita tidak tau. Tidak tau membuat kita menebak-nebak, dan itu jangan dilakukan. Balik ke niat, setelah yakin di dalam hati. Maka bisa dilakukan dengan secara lisan.

Hal yg kedua adalah diucapkan dengan lisan. Tutur kata itu lah yg dipegang oleh Allah, bukti bahwa kita memang benar2 berniat dalam hal melakukan itu.

selanjutnya adalah mewujudkan kedua hal diatas menjadi dalam perbuatan, dalam kasus ini kan puasa, ya maka setelah berniat lakukanlah puasa.

Ketiga hal diatas saling terkait satu sama lain. Nah yg mau saya sampaikan adalah apalah arti orang yg berpuasa jika orang itu tidak berniat sebelum dia melakukan puasanya karena ketiduran.

(more…)

Selamat Berbuka :)

Adzan berbuka buat jakarta 17.57. Selamat berbuka kawan :). Lagi males nge-post hari ini. Perut lagi ga enak.hhe. Curhat dikit.hhe

 

GIRLBAND JEPANG “HIGH KING” – BISMILLAH

BUFFER BENTAR DOANG KOK ๐Ÿ™‚

Hari gini mau ga liat girlband yg udah pada insyaaaf? Check this out. Mantep buat mempertebal keimanan ente2, bahkan orang jepang aja bikin lagu begini.hhe. Udah ada liriknya kok divideonya.

“KALAHKAN NAFSU DENGAN BISMILLAH”

Lirik aslinya ada dibawah ini:

(more…)

Belajar KEBEBASAN MEMILIH yuk :)

Bacalah untuk menambah wawasan anda”

Hari ini mau ngasih sedikit materi yg berkaitan nambah ilmu kita selama bulan Ramadhan :).

Mungkin ga terlalu penting, tapi toh bahkan nabi Muhammad SAW aja menyuruh kita untuk menuntut ilmu. Jadi sebaiknya dibaca. :).

Akidah adalah hal terpenting didalam agama. Jika akidah yang diikuti benar maka benar pula amal perbuatannya dan tentunya akan mengarah ke cita-citanya. Akidahtidak ada yang rusak kecuali ia melumpuhkan gerak manusia secara total dan menjadikannya duduk berpangku tangan dan pasrah terhadap masa depan kelam yang menantinya. Contohnya adalah akidah jabariah, yaitu seseorang menyakini bahwa Allah memaksakan semua amal perbuatan yang dilakukaknya dan akan menghisabnya atas semua amal perbuatantersebut, padahal ia dalam kondisi dipaksa.

Dalil-dalil bahwa manusia mempunyai hak memilih terdapat dua yaitu dalil naql dan dalil akal.

(more…)

Bubur Kacang Ijo Buatan Sendiri :D

Hari ini ane mau ngepost ttg bubur kacang ijo. Akhirnya gw bisa ngebikin bubur kacang ijo sendiri. :D. Kalo kata ade2 gw, tuh bubur enak. Dan gw ngerasa enak kok. Jadi yg mau komplain akan tuh rasa bubur, sorry2 aja jak, bubur itu enak :D.

Jadi ceritanya begini, disaat sore yg menjemukkan. Sembari menunggu adikku tercinta, caca, mengerjakan prnya. Dia bercerita kalo ada tugas yg ngeliatin perkembangan kecambah itu loh. Tau kan? yg dari kacang ijo itu. Otak pun mulai berpikir, daripada beli kacang ijo banyak tapi cuma dipake 1 buat kecambah. Gw pake aja buat bubur kacang ijo. Maknyos coy :D.

Setelah niat terkumpul, gw beranjak nelpon emak gw. Menanyakan resep bubur kacang ijo yg simpel bin ajaib tapi enak.hhe. Tersebutlah resep bubur kacang ijo ini. Gw sebutin aja ya.

  1. Kacang Hijau 250 gram
  2. Gula merah 4 batang
  3. Gula pasir 2 sendok sayur
  4. Santan KARA
  5. Sehelai daun pandan

Itu tuh bahan dan bumbunya. Nah cara pengerjaanya begini nih.
(more…)

Belajar Syariat yuk :)

“BACALAH SELAGI KAMU MASIH BISA MEMBACA”

Sekarang masuk kembali ke bagian ygย  agamis dikit ye. Mumpung lagi bulan puasa. :D. menambaha ilmu kan dapet pahala. Ini tulisan gw pas dapet tugas AAI, mungkin akan berguna bagi lu lu semua yg ingin menambah pahala. materinya gw rangkum juga kok dari beberapa buku. So kita mulai saja. ๐Ÿ™‚

Syariat

Berdasarkan buku yang saya baca yaitu 7 pilar kehidupan karya Dr. M. Ratib an-Nabulsi, Syariat Islam adalah hukum dan aturan Islam yang mengatur seluruh sendi kehidupan umat manusia, baik Muslim mahupun bukan Muslim. Selain berisi hukum dan aturan, Syariat Islam juga berisi penyelesaian masalah seluruh kehidupan ini. Maka oleh sebahagian penganut Islam, Syariat Islam merupakan panduan menyeluruh dan sempurna seluruh permasalahan hidup manusia dan kehidupan dunia ini.

Terkait dengan susunan tertib Syari’at, Al Quran Surat Al Ahzab ayat 36 mengajarkan bahwa sekiranya Allah dan RasulNya sudah memutuskan suatu perkara, maka umat Islam tidak diperkenankan mengambil ketentuan lain. Oleh sebab itu secara implisit dapat dipahami bahwa jika terdapat suatu perkara yang Allah dan RasulNya belum menetapkan ketentuannya maka umat Islam dapat menentukan sendiri ketetapannya itu. Pemahaman makna ini didukung oleh ayat dalam Surat Al Maidah QS 5:101 yang menyatakan bahwa hal-hal yang tidak dijelaskan ketentuannya sudah dimaafkan Allah.

Dengan demikian perkara yang dihadapi umat Islam dalam menjalani hidup beribadahnya kepada Allah itu dapat disederhanakan dalam dua kategori, yaitu apa yang disebut sebagai perkara yang termasuk dalam kategori Asas Syara’ dan perkara yang masuk dalam kategori Furu’ Syara’.

  • Asas Syara’ Yaitu perkara yang sudah ada dan jelas ketentuannya dalam Al Quran atau Al Hadits. Kedudukannya sebagai Pokok Syari’at Islam dimana Al Quran itu Asas Pertama Syara’ dan Al Hadits itu Asas Kedua Syara’. Sifatnya, pada dasarnya mengikat umat Islam seluruh dunia dimanapun berada, sejak kerasulan Nabi Muhammad saw hingga akhir zaman, kecuali dalam keadaan darurat.

Keadaan darurat dalam istilah agama Islam diartikan sebagai suatu keadaan yang memungkinkan umat Islam tidak mentaati syari’at Islam, ialah keadaan yang terpaksa atau dalam keadaan yang membahayakan diri secara lahir dan batin, dan keadaan tersebut tidak diduga sebelumnya atau tidak diinginkan sebelumnya, demikian pula dalam memanfaatkan keadaan tersebut tidak berlebihan. Jika keadaan darurat itu berakhir maka segera kembali kepada ketentuan syari’at yang berlaku.

  • Furu’ Syara’ Yaitu perkara yang tidak ada atau tidak jelas ketentuannya dalam Al Quran dan Al Hadist. Kedudukannya sebaga Cabang Syari’at Islam. Sifatnya pada dasarnya tidak mengikat seluruh umat Islam di dunia kecuali diterima Ulil Amri setempat menerima sebagai peraturan / perundangan yang berlaku dalam wilayah kekuasaanya.

Perkara atau masalah yang masuk dalam furu’ syara’ ini juga disebut sebagai perkara ijtihadiyah.

Sumber Hukum Islam

Al-Qur’an

Al-Qur’an sebagai kitab suci umat Islam adalah firman Allah yang diturunkan kepada Nabi Muhammad SAW untuk disampaikan kepada seluruh umat manusia hingga akhir zaman (Saba’ QS 34:28). Sebagai sumber Ajaran Islam juga disebut sumber pertama atau Asas Pertama Syara’. Al-Quran merupakan kitab suci terakhir yang turun dari serangkaian kitab suci lainnya yang pernah diturunkan ke dunia

Dalam upaya memahami isi Al Quran dari waktu ke waktu telah berkembang tafsiran tentang isi-isi Al-Qur’an namun tidak ada yang saling bertentangan.

Al Hadist

Hadits secara harfiah berarti perkataan atau percakapan. Dalam terminologi Islam istilah hadits berarti melaporkan/ mencatat sebuah pernyataan dan tingkah laku dari Nabi Muhammad.

Menurut istilah ulama ahli hadits,hadits yaitu apa yang diriwayatkan dari Nabi Muhammad, baik berupa perkataan, perbuatan, ketetapannya (Arab: taqrรฎr), sifat jasmani atau sifat akhlak, perjalanan setelah diangkat sebagai Nabi (Arab: bi’tsah) dan terkadang juga sebelumnya. Sehingga, arti hadits di sini semakna dengan sunnah.

Kata hadits yang mengalami perluasan makna sehingga disinonimkan dengan sunnah, maka pada saat ini bisa berarti segala perkataan (sabda), perbuatan, ketetapan maupun persetujuan dari Nabi Muhammad SAW yang dijadikan ketetapan ataupun hukum.[1] Kata hadits itu sendiri adalah bukan kata infinitif,[2] maka kata tersebut adalah kata benda.[3]

Ijtihad

Ijtihad adalah sebuah usaha untuk menetapkan hukum Islam berdasarkan Al-Qur’an dan Hadis. Ijtihad dilakukan setelah Nabi Muhammad telah wafat sehingga tidak bisa langsung menanyakan pada beliau tentang suatu hukum namun hal-hal ibadah tidak bisa diijtihadkan. Beberapa macam ijtihad antara lain Ijma’, kesepakatan para ulama. Qiyas, diumpamakan dengan suatu hal yang mirip dan sudah jelas hukumnya. Maslahah Mursalah, untuk kemaslahatan umat. ‘Urf, kebiasaan.

Nah sekian deh kalo gitu ttg syariat ini. Ntar dilanjutin ya pembahasan #EdisiRamadhan.hehe.

Semoga hal ini berguna buat lu semua dan menambah ilmu lu. Terima kasih. ๐Ÿ™‚

Aldrian Pradana ๐Ÿ™‚

NB: kalo lu ngerasa artikel ini berguna, monggo dishare. ๐Ÿ™‚

Buka puasa dengan blewah? Menyegarkan..

Kali ini gw akan membahas tentang menu berbuka puasa yg pas dan menyehatkan, ES BLEWAH. Kenapa gw bikin hal ini? karena kemaren gw baru menyadari bahwa ngebuat es blewah itu susah(atau mungkin saking gw ga bisa apa2 ya). Hal yg tersulit ada bagian ngerok blewah tersebut kawan. Itu cape. :D. Tapi memang no pain no gain. Hasil yg didapat sangat mampu memuaskan akan dahaga itu.

Bulan puasa kali ini sangat bertepatan dengan musim kemarau yg menyebabkan siang sangat panas. Jadi memang sekali lagi minuman ini sangat cocok.hha

Jika secara ke-ilmu-annya, Blewah (Cucumis melo), Buah ini mempunyai banyak kandungan yang menyehatkan antara lain energi, karbohidrat, vitamin C, dan vitamin A. Bahkan vitamin A-nya lebih banyak daripada semangka. Selain itu, blewah banyak mengandung monosakarida atau glukosa jenis fruktosa. Tidak berbeda dengan mentimun suri, kandungan yang paling dominan adalah air sehingga cocok digunakan untuk mengganti cairan tubuh. Istilahnya bisa dipakai sebagai isotonik alami. Kandungan seratnya yang tinggi mampu membantu metabolisme tubuh. Buah ini juga kaya akan vitamin dan mineral yang mampu untuk membantu meredakan panas dalam. Kandungan vitamin A,C dan E-nya bermanfaat untuk menjaga kesehatan kulit dari radikal bebas. Manfaat lain dari blewah yang menyehatkan adalah membantu mengendalikan hipertensi, hiperkolesterol, diabetes mellitus dan meningkatkan fungsi ginjal serta limpa. Ini gw dapet dari web kalo ttg sumbernya.

Dan gw baru ngerti kenapa kemaren pas ngerok tuh buah, banyak banget airnya. Yg jelas bukan dari iler gw :D.

Sekarang kita masuk ke bagian resep deh, kasian yg udah pada ngiler.hha

Bahan:
250 gram buah blewah matang, belah dua, kerok halus bagian dagingnya
1 buah kelapa muda, kerok kasar bagian dagingnya
800 ml air matang
6 sirup merah (campolay)
es batu

Cara membuat:

  1. Siapkan gelas. Masukkan blewah dan kelapa muda. Tambahkan air matang serta sirup. Beri es batu.
  2. Hidangkan segera

Kenapa ada tambahan yg lain2? Hidup itu ada variasinya kawan.(alasan). Bukan karna itu, tapi emang menjadi suatu kebiasaan blewah dicampur dengan yg lainnya. Tentang campurannya itu, bisa lu ramu se-enak mungkin.hhe.

Tentunya tulisan ini tidak dibuat dengan bermaksud pamer, mau ngebuat batal ataupun apapun yg jelek2. Yg pasti ini untuk hal yg berguna aja. :).

mungkin banyak yg ga suka blewah, tapi menurut saya ini patut dicoba. Terima kasih ๐Ÿ™‚

Aldrian Pradana ๐Ÿ™‚

Nb: Jika menurut anda ini bermanfaat, monggo dishare.hhe. kalo menurut anda ngeselin, monggo dikomplain tapi dicoba dulu es blewahnya ๐Ÿ˜€

Oh iya resep diatas diambil dari sini resepbunda makasih ya ๐Ÿ™‚

Tag Cloud

%d bloggers like this: