Make it simple, as simple as life should be :)

Posts tagged ‘saum’

Pentingnya Niat Puasa

Assalamualaikum wr, wb (maap yak kalo disingkat) 😛

Hari ini, berhubung lg bener2 ga ada kerjaan, mau ngasih tau sesuatu (ilmu kalo kata orang) dalam menjalani puasa ramadhan ini. bagus loh buat dibaca ke orang-orang yg suka ga bangun sahur (contohnya saya ini) semoga berkah.hhe

Ada orang berkata, Apalah arti sebuah ibadah jika tidak didasari niat. Perlu ditegaskan bahwa niat dan keinginan dan yakin itu mempunyai arti yg berbeda-beda.

Niat adalah maksud atau keinginan kuat di dalam hati untuk melakukan sesuatu. Dalam terminologi syar’i berarti adalah keinginan melakukan ketaatan kepada Allah dengan melaksanakan perbuatan atau meninggalkannya.

Perbuatan atau hal yg disebut niat itu terdiri dari 3 aspek yaitu :

1. Diyakini dalam hati

2. Diucapkan dengan lisan

3. Diyakini dengan perbuatan

Berhubung ketiga hal tersebut adalah aspek yg membentuk kata niat, ketiganya itu perlu di lakukan. Mari ditelaah 1 per 1.

Sebagai manusia, kita harus yakin sebagai dasar melakukan sesuatu. Jika tidak yakin, jangan lah melakukannya. Karena hal itu termasuk gambling. keyakinan ada karena kita tau hal tersebut, ketidakyakinan hadir karena kita tidak tau. Tidak tau membuat kita menebak-nebak, dan itu jangan dilakukan. Balik ke niat, setelah yakin di dalam hati. Maka bisa dilakukan dengan secara lisan.

Hal yg kedua adalah diucapkan dengan lisan. Tutur kata itu lah yg dipegang oleh Allah, bukti bahwa kita memang benar2 berniat dalam hal melakukan itu.

selanjutnya adalah mewujudkan kedua hal diatas menjadi dalam perbuatan, dalam kasus ini kan puasa, ya maka setelah berniat lakukanlah puasa.

Ketiga hal diatas saling terkait satu sama lain. Nah yg mau saya sampaikan adalah apalah arti orang yg berpuasa jika orang itu tidak berniat sebelum dia melakukan puasanya karena ketiduran.

(more…)

Klapertart so yummy

Oke, gw tau ini lagi puasa. Tapi ga ada salahnya gw ngepost tentang hal2 yang berbau makanan yaa. Buat yang ngk suka mohon dimaafkan, ini kan lagi puasa. Masa marah2 :D.hhe.

Toh dengan gw nge-post ttg hal ini, mungkin kalian akan ada ide baru buat menu berbuka nanti.hhe. Jadi harap disimak baik-baik ya kawan.

Gw sajiin gambarnya dulu.hhe

Ini adalah klapertart buatan emak gw. Rasanya maknyus, beda dibanding ama yg ditoko2. Mungkin kalian bakal ngira gw bilang gitu karena yg buat emak gw. Tapi ga kok, emang rasanya enak.hhe.

Kalo kata ade gw yg paling kecil, mama ngebuatnya dengan sungguh2 kak, pake cinta, makanya enak.hhe.

Thumb up buat emak gw.hhe

Trus berlanjut ke ukuran, ukurannya lumayan besar. Jadi rada bebas buat ngambilnya. Udah dari awal gw masuk kuliah, udah mesen nih kue tapi emak suka ga sempet bikin. makanya ini adalah mukzizat(lebay) sehingga gw bisa makan ini.hha.

Karena salah satu tujuan nih post biar lu pada belajar masak, jadi gw sertakan resep deh. biar kalian coba.hhe

Bahan 1 :

250 ml Susu Kental Manis

250 ml Air

sesuai kebutuhan garam

sesuai kebutuhanVanili

50 gr Gula Pasir

Bahan 2 (campur hingga larut) :

20 gr Maizena

100 ml Air

Bahan 3 :

3 buah kelapa muda, ambil daging nya

100 gr Kismis, direndam

100 gr Kenari tanpa kulit

Bahan 4 (hiasan) :

Kayu Manis bubuk untuk taburan Secukupnya

Cara Membuat :

1.        Campur bahan 1 didalam panci. Aduk rata kemudian panaskan hingga mendidih.

2.        Masukkan bahan 2. Aduk hingga kental dan mengkilat. Angkat.

3.        Campur dengan bahan 3, aduk rata dan masukan dalam mangkuk kecil hingga penuh.

4.        Tabur atasnya dengan bubuk kayu manis.

5.        Panggang dalam oven bersuhu 150oC selama + 15 menit.

6.        Angkat dan dinginkan dalam lemari es.

7.        Sajikan.

Resep ini gw ambil dari internet. kalo ga salah linknya rajaresep.com . Gw kasih linknya biar gw ga disangka plagiat.hhe

Kenapa ga resep emak gw yg ditaro, karena gw ga tau bahan2nya. ya anggap aja semua resep klapertart itu sama, tinggal emak gw kalo ga salah ada yg dia edit makanya rasanya beda dari yg lain dan juga laku.hhe.

Kalo ada yg anggap ini pamer, maaf saudara, saya cuma mau kasih tau ttg klapertart. ga ada maksud lain yg bertujuan menyinggung saudara. Ingat ini bulan puasa, jaga lisan dan hati ya :). wassalam.

Aldrian Pradana 🙂

Tag Cloud

%d bloggers like this: